Pengertian Pancasila, Fungsi dan Tujuannya

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan di masa lalu. Jadi, sudah sewajarnya kita sebagai warga negara yang baik harus mempelajari tentang dasar negara kita, mulai dari pengertian pancasila, fungsi pancasila dan tujuan pancasila.

Materi tentang pancasila sebagai dasar negara Indonesia sering dipelajari pada mata pelajaran PKN. Dimana, lambang Pancasila menyerupai bentuk burung garuda serta di dalamnya terdapat gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas yang mencerminkan arti dari 5 sila.

Sejarah Istilah Pancasila

Secara etimologi kata “Pancasila” berasal dari bahasa Sansekerta dari India yaitu penggalan kata panca yang berarti “Lima” dan sila yang berarti “Dasar”.

Secara Harfiah, Pancasila dapat diartikan sebagai “Lima Dasar”.

Istilah pancasila sudah dikenal sejak masa kerajaan Majapahit dan kerajaan Sriwijaya. Dimana, sila-sila yang terdapat dalam pancasila sudah diterapkan dalam kehidupan masyarakat walaupun kelima sila tersebut belum dirumuskan secara konkrit.

Dalam kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular, Pancasila mempunyai arti “Berbantu sendi yang lima” atau “Pelaksanaan kesusilaan lima”.

Pada kepercayaan Budha, pancasila berarti lima pantangan atau larangan, yaitu:

  1. Tidak boleh mencuri.
  2. Tidak boleh berbohong.
  3. Tidak boleh berjiwa dengki.
  4. Tidak boleh melakukan kekerasan.
  5. Tidak boleh minum minuman keras atau konsumsi obat terlarang.

Pengertian Pancasila

Berikut ini adalah pengertian pancasila menurut para ahli, antara lain:

  • Menurut Ir. Soekarno, Pancasila adalah isi jiwa Bangsa Indonesia yang turun – temurun sekian abad lamanya terpendam bisu kebudayaan barat.
  • Menurut Muhammad Yamin, Pancasila berarti lima dasar yang mengandung pedoman atau aturan mengenai tingkah laku yang baik dan penting.
  • Menurut Notonegoro, Pancasila merupakan dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan mampu menjadi pedoman hidup Bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan serta pertahanan negara Republik Indonesia.

Fungsi Pancasila

1. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia

Setiap bangsa pasti mempunyai jiwanya masing-masing yang disebut Volkgeish, artinya jiwa bangsa atau jiwa rakyat.

Pancasila sebagai jiwa Indonesia berfungsi agar Indonesia tetap hidup dalam jiwa pancasila. Bangsa Indonesia lahir sejak dimulainya proklamasi kemerdekaan Indonesia.

2. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia

Fungsi pancasila sebagai kepribadian bangsa yaitu sesuatu hal yang memberi corak khas bangsa dan menjadi pembeda dengan bangsa yang lain, yang diwujudkan dengan tingkah laku dan sikap mental.

3. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum

Artinya semua hukum yang berlaku di Indonesia harus patuh dan menjadikan pancasila sebagai sumbernya, serta tidak boleh bertentangan dengan pancasila.

4. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia

Artinya bangsa Indonesia harus berpedoman dan menjadikan pancasila sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari. Segala bentuk cita-cita moral dan budaya harus bersumber dari pancasila, hal ini demi terwujudnya kesejahteraan lahir dan batin.

5. Pancasila sebagai cita-cita bangsa Indonesia.

Pancasila sudah dimuat dalam pembukaan UUD 1945, sehingga pancasila menjadi tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

6. Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia.

Maksudnya adalah di dalam pancasila terkandung nilai – nilai kepribadian yang dipercaya benar, bijaksana, adil dan cocok bagi bangsa Indonesia untuk mempersatukan rakyatnya.

7. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia

Pancasila juga berperan sebagai dasar negara yang mengatur pemerintahan Negara, rakyat dan kehidupan negara.

8. Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia

Saat awal proklamasi kemerdekaan, Indonesia belum memiliki UUD negara yang tertulis. Oleh karena itu, PPKI mengesahkan pembukaan dan batang tubuh UUD 1945 yang berdasar pancasila pada tanggal 18 Agustus 1945.

PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan indonesia) merupakan sebuah lembaga tempat wakil – wakil rakyat Indonesia, sehingga pancasila merupakan hasil perjanjian bersama rakyat, dan untuk membela pancasila selamanya.

Tujuan Pancasila

Berikut ini merupakan tujuan pancasila, yaitu:

  • Menghendaki bangsa yang religius yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menjadi bangsa yang adil secara sosial ekonomi.
  • Menjadi bangsa yang menghargai HAM.
  • Menghendaki bangsa yang demokratis.
  • Menghendaki bangsa nasionalisme yang mencintai tanah air Indonesia.

Itulah penjelasan mengenai pengertian pancasila, fungsi pancasila dan tujuan pancasila. Semoga bermanfaat dan nantikan materi selanjutnya.

Tinggalkan komentar