Prinsip Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Selain makna persatuan bangsa kita juga harus mengetahui prinsip persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sehingga, kita dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara Indonesia yang baik.

Untuk mencegah robohnya kesatuan bangsa ini, kita juga membutuhkan suatu landasan hukum persatuan dan kesatuan bangsa. Kita tidak ingin negara ini hancur karena sudah dibangun dengan susah payah oleh para pahlawan di masa lalu.

Prinsip Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

1. Prinsip Bhinneka Tunggal Ika

Seperti yang kita ketahui bahwa bangsa Indonesia terdiri dari beragam budaya seperti agama, bahasa, adat masyarakat, dan suku.

Oleh sebab itu, prinsip ini mewajibkan kita untuk bersatu dalam bangsa Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan negara Indonesia yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

2. Prinsip Nasionalisme Indonesia

Nasionalisme merupakan sikap politik masyarakat untuk mencintai bangsanya sendiri akibat mempunyai cita-cita dan tujuan yang sama.

Kesetiaan dan kecintaan terhadap negara sendiri juga tidak boleh berlebihan karena akan menciptakan sesuatu yang cenderung kurang baik. Nasionalisme Indonesia tidak memaksa kita merasa lebih unggul dari bangsa lain, dan tidak memaksakan kehendak terhadap bangsa lain.

3. Prinsip Kebebasan yang Bertanggungjawab

Kebebasan yang bertanggung jawab adalah memberikan kebebasan untuk bertindak dan bersikap sesuai kemauan individu, namun tidak menyalahi hak asasi manusia. Sehingga, orang yang melakukan kebebasan tersebut bisa bertanggung jawab.

Selain itu, prinsip kebebasan juga tidak boleh merugikan orang lain. Jika hal itu terjadi maka harus berani bertanggung jawab.

4. Prinsip Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia tentang diri dan bentuk geografis yang berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.

Dalam pelaksanaan wawasan nusantara, bhinneka tunggal ika dan kesatuan wilayah sangat diutamakan dalam mencapai tujuan nasional. Yang berfungsi sebagai pedoman, dorongan, motivasi, dan rambu-rambu dalam menentukan keputusan bagi penyelenggara di tingkat pusat dan tingkat daerah.

5. Prinsip Persatuan Pembangunan

Sebagai warga negara yang baik, kita harus mampu mengisi kemerdekaan dengan cara melanjutkan pembangunan yang adil dan makmur. Nah, pembangunan nasional ini didasari oleh rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Itulah penjelasan mengenai prinsip persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Persatuan yang tinggi akan membuat negara kita semakin kuat dan tidak mudah goyah oleh ancaman dari luar. Semoga bermanfaat.

Prinsip Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Tinggalkan komentar